Medan, FITK UIN Sumatera Utara – Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan menyelenggarakan Rapat Koordinasi Dalam Rangka Pembinaan SDM Dan Evaluasi Persiapan Akreditasi Prodi, sekaligus mendengarkan arahan serta bimbingan dari Rektor UINSU Medan dan Wakil Rektor II UINSU Medan. Dalam rapat tersebut, turut hadir Rektor UINSU Medan, Wakil Rektor II UINSU Medan, Dekan FITK UINSU Medan, Wakil Dekan I FITK UINSU Medan, Wakil Dekan II FITK UINSU Medan, Wakil Dekan III FITK UINSU Medan, Seluruh Kaprodi dan Sekprodi FITK UINSU Medan, Kordinator, Sub Kordinator, dan Kalab. Rapat koordinasi ini dilaksanakan di di Aula Rapat Lantai II Gedung Drs. H. Hasbi, AR. Pusat Administrasi Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sumatera Utara, Hari Sabtu Tanggal 6 Juni 2022.



Wakil Rektor II UINSU Medan Dr. Hasnah Nasution, M.A. dalam sambutannya menyampaikan Bahwa pada tahun 2019 ada dosen BLU yang masih mengalami beberapa hambatan dan benturan. Kemudian beliau berharap penyerapan anggaran tahun 2022 ini segera dilakukan, agar 70%  sebagaimana diharapkan oleh kementrian bisa tercapai pada bulan juli 2022. Kemudian beliau jg menegaskan bahwa perlu kebijakan dan aturan-aturan terhadap perubahan-perubahan yang terjadi, misalnya perubahan administrasi, struktur dan lain sebagainya.

Sementara Rektor UINSU Medan Prof. Dr. Syahrin Harahap, MA menyampaikan harapannya  Bahwa Semoga tahun ini bisa melahirkan 6 atau 10 guru besar di UINSU Medan. Kemudian Beliau memberikan pembinaan, yg pertama kali disampaikan bahwa pada seluruh ASN khusus FITK UINSU Medan bahwa bekerja itu adalah ibadah atau berdimensi teologis. Kalau kita percaya seperti itu, maka akhirnya kerja itu akan menjadi senang, menjadi mudah, dan tak jadi masalah. Kemudian rektor jg mengingatkan bahwa kita UINSU Medan merupakan bagian Kementerian Agama yg sekarang ini sedang mengusung 3 T, yaitu Transformasi Institusi, Transformasi Digital, dan Transformasi internasionalisas. Dan ketiga-tiga ini harus di lakukan dan kita menjadi bagian dari itu.

Untuk pertama kalinya juga Rektor UINSU Medan dalam sambutannya menyampaikan tentang SDM UINSU Medan dapat menggunakan  Model Matic yang artinya Modern, Empati, Terpercaya, Ikhlas, dan Kolaborasi. Jadi, kalau ini bisa dikembangkan menjadi model pengembangan SDM di UINSU Medan nantinya, Menurut Beliau.

Kemudian semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan, bahwa Rektor UINSU Medan setuju waktu itu usulan dari bagian yang diingatkan oleh Dekan FITK UINSU Medan pada satu kali pertemuan, mulai tahun ini kita harus sudah mempersiapkan diri semua dalam rangka 50 tahun UINSU Medan. Maka Rektor UINSU Medan dalam hal itu menyampaikan beberapa kegiatan yang akan dilakukan dalam rangka 50 tahun itu dalan setahun ini kedepan, diantaranya: akan dilakukan launching logo UINSU Medan 50 tahun, agar memperingati 50 tahun, meresmikan mesjid uin kampus tuntungan, membangun monumen wahdatul ulum di jalan sutomo, Akan dilakukan seminar internasional tentang integrasi ilmu dan pengetahun, membangun gedung Tahfizul Quran, dan akan membangun uinsu square.

Kemudian tanggapan dari Pejabat Tarbiyah akan hal itu, yang pertama dari Wakil Dekan FITK UINSU Medan  Prof. Dr. Didik Santodo, M.Pd mengharapkan Agar tarbiyah mempunyai Ruang Microteaching Standard International karena itu sangat penting, mohon dukungan Rektor UINSU Medan.


Kemudian dari Benni Ichsanda Rahman Hz, M.Pd menyampaikan tentang fenomena mahasiswa mendapat UPZ sebagian belum tepat sasaran, sebaiknya ada formula-formula baru bagaimana UPZ itu diberikan, istilah beliau jangan hanya dikasih uang tapi dikasih pancing.

Dekan FITK UINSU Medan menyampaikan Bahwa FITK UINSU  rombelnya lebih dari 52 rombel tiap angkatan semester depan dikali 4, berarti lebih dari 208 rombel kuliah selama ini dari jam 7 pagi sampe jam 7 malam, maka kita harus mempersiapkan sarana dan fasilitas sedemikan rupa utk menghadapi mahasiswa yg banyak ini. Alhamdulillah FITK UINSU Medan dipercya masyarakat dengan antusias pendaftar terbanyak dan ini menjadi tantangan bagaiman FITK UINSU Medan kedepan.

Akhirnya Rapat ditutup dengan menghadirkan 2 org mahasiswi Rini Juniati Semester 8 PAI yang mendapatkan Juara 2 MTQ Angkatan Darat di Jakarta, kemudian Sumita Sabilla mahasiswi semester 6 PBA juara 2  Podcast Nasional dan Top 5 Nasional mendapat beasiswa untuk berangkat ke Turkey selama 10 hari, dan semua di biayai oleh Kemenpora.

Reporter : Alfauzan Ramadhanny Simangunsong

Post a Comment

 
Top