Medan, FITK UIN Sumatera Utara - Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan langsungkan kegiatan dengan tajuk Tarbiyah Talkshow di  Musabaqah Tilawatil Qur'an tingkat Provinsi Sumatera Utara Tahun 2022. Kegiatan ini berlangsung pada Jum'at, 25 Maret 2022 dan bertempat di Kampus I UIN Sumatera Utara, Jalan IAIN No. 1 Kota Medan, Sumatera Utara yang merupakan arena utama kegiatan MTQ tersebut.

Tarbiyah Talkshow ini di pandu oleh M. Harwansyah Putra Sinaga, M.Pd. Kons serta menghadirkan narasumber bapak Prof. Dr, Syaiful Akhyar Lubis, MA selaku Guru Besar Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan dan Ibu Dr. Nurusakinah, S.Psi, M.Psi atau Ketua Jurusan Bimbingan Konseling dan Pendidikan Islam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, UIN Sumatera Utara Medan.

Kegiatan ini bertemakan "Peran Bimbingan dan Konseling Islam Dalam Membentuk Karakter Mahasiswa Di Era Rebahan" serta di hadiri oleh pengunjung bazar MTQ Sumatera Utara Tahun 2022 dan Mahasiswa/I Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan. Prof. Dr. Syaiful Akyar Lubis, MA dalam hal ini menyampaikan banyak motivasi-motivasi kepada para hadirin terkait dengan peningkatan kepercayaan diri sebagai makhluk yang memiliki potensi besar "Kita sebagai mahasiswa hendaknya terus percaya diri terhadap apa yang kita punya, dan jangan merasa malu terhadap diri sendiri, serta jangan membatasi diri untuk menunjukkan kemampuan" ucap beliau saat memberikan materi.

Dr. Nurusakinah, S.Psi, M.Psi, dalam kegiatan tersebut juga memberikan pandangan-pandangan betapa pentingnya memahami diri sendiri dalam lingkup refleksi terhadap kejiwaan pada konsep konseling. "Agar kita bisa terus tumbuh, kita harus mengenali diri kita sendiri, memahami siapa diri kita, dan apa mau kita, agar kita tidak terjebak menjadi kaum rebahan, itu sebabnya kita perlu konselingi diri kita terlebih dahulu" tuturnya 



Kegiatan ini berlangsung dengan hikmad dan seru sebab ada beberapa game dan pembagian doorprize kepada para peserta yang beruntung, yang memberikan pertanyaan, kesimpulan materi serta memberikan motivasi dan tips untuk tidak menjadi mahasiswa yang gemar rebahan kepada hadirin. Adapun doorprize yang di bagikan yakni berupa buku karya kedua pemateri, dan juga cendramata karya alumni Fakultas Ilmu Tarbiyah, UIN Sumatera Utara Medan.

Pada sesi akhir kegiatan ini, juga di adakan sesi bincang prestasi, yang menghadirkan Puteri Literasi Indonesia Tahun 2022 Siti Nurnas Br Situmpul yang merupakan mahasiswi Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan UIN Sumatera Utara Medan, dengan tujuan memberikan motivasi kepada para hadirin untuk terus berprestasi bersama tarbiyah.

Reporter : Alfauzan Ramadhanny Simangunsong

Post a Comment

 
Top