Foto:  bes
Medan, Semangattarbiyah.com – Pengelola Jurnal Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Sumatera Utara mengadakan Pelatihan Open Journal System (OJS) di Aula Pusat Bahasa Arab UIN Sumatera Utara dengan pemateri Dra. Retno Sayekti, M.Lis, beliau merupakan Kepala Perpustakaan UIN SU sekaligus pengelola jurnal IQRA perpustakaan. Peserta pelatihan ini dihadiri oleh pengelola jurnal  jurusan di lingkungan FITK. (25/4)

Acara dimulai pada pukul 09.00 WIB oleh moderator Dr. Mesiono, M.Pd dan langsung dibuka oleh perwakilan dekan fakultas yaitu Bapak Dr. Mardianto, M.Pd. Beliau menyampaikan bahwa siapa yang hendak menguasai dunia, maka kuasailah informasi. Salah satunya dengan media yang bisa diakses siapa saja. Oleh karena itu, jurnal FITK diharapkan dapat mengenalkan kampus UIN di belahan dunia.

“OJS merupakan sistem penerbitan dan manajemen jurnal secara terbuka yang dapat diakses darimana saja, kapan saja dan siapa saja. Adapun tahap penerbitan jurnal dimulai dari penyerahan jurnal, peer review, editing dan terakhir penerbitan,” kata Retno.

Retno juga menyampaikan beberapa contoh-contoh jurnal yang telah terakreditasi nasional dan internasional. Sekaligus bagaimana cara supaya jurnal-jurnal yang diterbitkan dapat terindeks oleh lembaga jurnal terakreditasi.


“Harapannya kedepan jurnal-jurnal yang diterbitkan dosen dan mahasiswa UIN SU dapat terakreditasi di nasional maupun internasional. Supaya dapat dinikmati oleh masyarakat dunia,” tutup Mardianto dalam sambutannya. (bes)

Post a Comment

 
Top