Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sumatera Utara Melaksanakan Provgram Kualifikasi Sarjana S1 PGMI bagi guru Non PGMI


Pada hari Sabtu tanggal 4 Januari 2014 Dekan fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) membuka secara resmi kegiatan Program Kualifikasi Sarjana S1 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah bagi guru guru yang telah tersertifikasi di lingkungan Kementrian Agama Kantor Wilayah Sumatera Utara di Medan. Acara yang dihadiri oleh Kabid Madrasah H.Tohar Bayoaning,M.Ag dihadiri oleh 200 mahasiswa.
Selanjutnya acara diisi dengan Studium General dengan menghadirkang tim Taks Porce Ditjen Pendidikan Tinggi Islam Kementrian Agama yakni Prof.Dr.Aziz Fachrurozi dan Dr.Rudi Susilana,M.Pd. dalam penjelasannya beliau menegaskan bahwa kegiatan ini diatur sedemikian rupa, melalui tambahan perkuliahan sebanyak 60 SKS diharapkan peserta memiliki kualifikasi yang ideal sesuai dengan tuntutan regulasi pemerintah akan sertifikasi guru di satuan pendidikan Madrasah Ibtidiayah. Dan yang penting diakui dalam sistem regulasi sertifikasi.
Program S-1 bagi Guru Kelas Non PGMI melalui Dualmode System adalah suatu program peningkatan kualifikasi akademik bagi guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah (MI) yang memiliki latar belakang kualifikasi akademik dari Program Studi Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam rangka pemenuhan standar pendidikan dan tenaga kependidikan di lingkungan Kementerian Agama RI.
Adapun tujuan program ini adalah: a. Menyesuaikan kepemilikan kualifikasi akademik Guru MI sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku; b. Memfasilitasi kebutuhan penyesuaian kualifikasi akademik bagi guru kelas di MI yang memiliki kualifikasi akademik berasal dari Program Studi PAI; dan c. Meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran dan pendidikan di MI.
Secara terpisah Drs.H.Salim M.Pd selaku ketua jurusan PGMI memberi keterangan bahwa kegiatan ini dilaksanakan di tiga lokasi yakni; kampus IAIN di Medan, Kementrian Agama Binjai dan Kementrian Agama Asahan.

Post a Comment

 
Top